Pendakian Gunung Sumbing

Pada saat Ujian Sekolah kelas 3 SMK, libur panjang sekitar 8 hari tiba untuk kelas 1 dan 2. Dengan waktu yang panjang itu saya memutuskan untuk mendaki salah satu gunung yang memiliki pemandangan luar biasa yaitu Gunung Sumbing dengan ketinggian 3371mdpl. Lokasi itu saya pilih ya karena belumpernah ke sana sebelumnya. Sebenarnya pada saat yang hampir sama ada 2 loksasi lain yang ditawarkan kepada saya, yaitu Lawu dan Merbabu. Keduanya saya kesampingkan karena untuk ke lawu lokasinya sangat jauh dan untuk Merbabu saya sudah pernah muncak.

Saat itu yang menawarkan ke Sumbing adalah Aryo teman sekelas saya. Rencana dia mengajak saya untuk ke Sumbing Cuma 2 orang, dan akhirnya memang dua orang yang kesana. Direncanakan kami mau ke Sumbing Selasa, 10 Maret 2015 pagi pagi dengan pertimbangan jalannya masih sepi.

Beberapa hari sebelum berangkat kami banyak menyaipkan peralatan dan menyiapkan uang tentunya. Walaupun kami banyak minjem alat buat ke Sumbing tetap saja pengeluaran kami juga lumayan, dikarenakan biaya untuk penyewaan hanya ditanggung oleh 2 orang.
Berikut alat dan barang yang dibawa untuk pendaikan :
  1. Dome (kapasitas 2-3 orang, kalau kami kemarin yang 3 orang, karena ditempat penyewaan tinggal itu)
  2. Tas Carrier + raincover (selain untuk memuat banyak barang juga bisa buat gaya biar keren)
  3. Kompor gas kecil
  4. Tabung gas 1 - 2 (isinya harus penuh)
  5. Mie instant secukupnya + tempat makan
  6. Roti secukupnya
  7. Air mineral minimal 3 liter per orang
  8. Pakaian ganti
  9. Jaket dan alat penghangat lainnya
  10. Matras
  11. Sepatu gunung / sandal gunung (diprioritaskan sepatu)
  12. Sarung tangan
  13. Alat penerangan
  14. Obat obatan
  15. Tissue basah
  16. Uang saku
  17. Dll

Nah setelah semua alat itu siap, kami juga siap untuk berangkat, seperti di jadwal kami berangkat pada Selasa, 10 Maret 2015 pukul 03.45WIB dari rumah Aryo deket area Pemkab Sleman. Pada pagi itu jalanan sangat sepi, namun sayang agak gerimis saat perjalanan. Lalu setelah perjalanan sekitar 2 jam kami pun sampai pada likasi basecamp yaitu daerah Garung. Kami istirahat dan makan lalu pukul 8 kami mulai jalan kaki tanpa naik ojek.

Pada awalnya saya sangat bersemangat, tapi lelah mulai menyerang, say istirahat beberapa kali, bahkan saking lelahnya saya sampai kram belasan kali sebelum sampai puncak. Tidak saya sangka kalau perjalannanya seberat itu. Di saat pendakian pun kami sempat terguyur hujan, untungnya hanya hujan ringan. Setelah sekitar 8 jam pendaikan kami memutuskan untuk beristirahat dan memndirikan dome di atas pos 4 Watu Kotak. Setelah dome sekiranya telah berdiri gagah, kami alangsung masuk kedalamnya dan mulai memasak air serta merebus mie yang kami bawa. Di sekitar dome kami juga tidak lupa untuk berfoto dengan pemandangan dari gunung Sumbing yang memperlihatkan awan dan pemandangan gunung Sindoro dari kejauhan. Sungguh pemandangan yang luar biasa saat itu. Setelah puas berfotoria kami memutuskan untuk tidur dan melanjutkan kepuncak keesokan harinya.

Pada saat tidur saya bangun beberapa kali karena tidur dengan keadaan kedinginan dan tanah yang tidak rata sangat tidak nyaman. Malam itu terjadi badai dan hujan yang lumayan lebat. Tidurpun kurang nyenyak. Ditambah dengan kejadia yang baru pertama saya alami, saya tidurpun sampai kaki saya mengalami kram, sungguh kejadian yang luar biasa.
Kira kira pukul 5.00 kami bangun dan mempersiapkan diri untuk meneruskan perjalanan ke puncak. Pukul 06.00 kami mulai berjalan kembali dengan hanya membawa 1 carrier yang saya pinjam dan beberapa logistik. Tak sampai 1 jam kami sudah berada dipuncak gunung. Namun sayang, lokasinya tertutup kabut hingga lebih dari 1 jam, kamipun menunggu hingga kabutnya hilang untuk berfoto. Dan akhirnya sekitar jam 8 lebih waktu berfoto tiba, tidak kami sia siakan kesempatan itu. Sungguh luar biasa pemandangan yang kami dapatkan saat itu.

Setelah puas berfoto, kami memutuskan turun gunung. Sesampainya di lokasi dome kami, langsung kami bereskan dan kami bawa turun semua alat yang kami bawa. Saat turun hanya memakan waktu 3 jam, karena kami juga naik ojek dari pos 1 sampai basecamp. Kamipun langsung mandi dan makan sesampainya dibasecamp. Lalu setelah semua selesai kami pulang dan sampai rumah pada Rabu 11 Maret 2015 pukul 17.00WIB. Dan setelah dihitung pengeluaran masing masing orang sekitar Rp150.000 sudah transport PP dan sewa dome, kompor, dan gas 2 hari.

Maaf cerita ini masih kurang lengkap untuk menggambarkan pengalaman dan pemandangan luar biasa dari Sumbing, untuk lebih jelasnya silakan datang sendiri......