Penggunaan Teknologi Multimedia pada Bidang Pendidikan


Pada zaman yang serba modern ini, tentunya banyak sekali pemanfaatan teknologi multimedia, salah satunya pada sektor pendidikan. Pemanfaatan teknologi tersebut tentunya ditujukan untuk mengoptimalan dan peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri. Lalu teknologi apa saja yang ada pada dunia pendidikan, mari kita bahas.

 Berkas:Cloud computing-id.svg


1. Cloud Computing.
Cloud computing telah banyak diadopsi oleh berbagai sektor industri termasuk dalam sektor pendidikan. Menurut Rao & Challa (2013) cloud computing dapat menjadi alternatif yang penting untuk lingkungan pendidikan saat ini. Keuntungan yang didapatkan dari teknologi terbaru saat ini dapat membantu penyelesaian tantangan – tantangan yang umum terjadi.
  • Universitas dapat membuka infrastruktur teknologi kepada bisnis dan industri untuk kemajuan penelitian.
  • Efisiensi dari cloud computing dapat membantu universitas dalam mengimbangi pertumbuhan kebutuhan sumber daya dan biaya pada sumber energy.Keuntungan lain dari cloud computing memungkinkan institusi untuk mendidik siswa dengan cara yang berbeda dan membantu mereka dalam mengelola proyek dan beban kerja yang besar.
  • Ketika siswa masuk ke dalam tuntutan kerja yang besar, mereka akan lebih memahami nilai dari teknologi
  • Cloud computing melepaskan institusi dari manajemen data, memastikan bahwa pengguna selalu memiliki dokumen terbaru dan mengurangi biaya.
  • Cloud computing menawarkan perangkat online dan menyediakan layanan komunikasi yang aman serta kemampuan kolaborasi.
  • Cloud computing memungkinkan guru dan siswa untuk mengakses, menyebarkan, dan mempublikasikan dokumen, kalender kelas atau halaman web
Rao & Challa (2013) juga mengidentifikasi ada tiga dampak utama yang menjadi faktor pada sistem pendidikan :
  • Biaya yang rendah dan teknologi yang gratis  Saat ini telah banyak pertumbuhan untuk teknologi yang berbiaya rendah untuk interaksi sosial, publikasi, editing, kreasi konten, dan sebagainya. Banyak teknologi yang sebelumnya berharga mahal atau tidak tersedia, saat ini dapat diakses oleh siapa saja di web browser. Website, blog, web berbagi video, web berbagi music, media social menggunakan cloud computing.
  • Pertumbuhan KontenJumlah pertumbuhan konten berada pada kisaran eksponensial, tersedia pada semua orang, dan semua orang dapat berkontribusi.
  • Kolaborasi
    Teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat dalam komunikasi dan kolaborasi. Teknologi baru saat ini membuat interaksi dan kolaborasi dapat dilakukan melalui web, diantara siswa di kelas yang sama ataupun di tempat lain diseluruh dunia. Tim yang dinamis dan kolaborasi yang interaktif adalah kemampuan utama dari cloud computing.



2. IoT (internet of Thing)
Hasil gambar untuk internet of things education


CREATE CyberSchool With IoT (Internet of Things) merupakan platform belajar berbasis cloud yang dikembangkan CREATE Foundation untuk memberikan sebuah sarana pembelajaran yang berkualitas bagi setiap siswa di seluruh Indonesia di manapun mereka berada dengan memanfaatkan teknologi digital. IoT (Internet of Things) merupakan fenomena baru pada abad 2I, dan penerapan Internet Of Things ini nantinya akan mengubah pola interaksi, komunikasi dan pendidikan di masyarakat luas. 
Masing-masing sekolah percontohan tersebut akan dilengkapi dengan tablet yang telah dilengkapi dengan software dan aplikasi pendidikan. Di samping itu, Indosat Ooredoo akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada ratusan guru di Indonesia dan meningkatkan kompetensi mereka untuk bisa memberikan pendidikan digital sebaik mungkin. 

3. Google Classroom

Penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring, dengan demikian kegiatan pembelajaran tetap dapat berjalan alaupun tanpa tatap muka. Keunggulan lain adalah meltih ketepata waktu pada saat pengumpulan tugas, selain itu juga bisa menjadi alternatif apabila pengajar tiba-tiba tidak bisa mengajar jadi informasi dapat disampaikan lebih cepat




Referensi :

No comments:

Powered by Blogger.